Jumat, 24 Januari 2014

Pengajian Jum'at IKRAMULLA "Penguat Tarbiyah"

pemateri : Muhammad Muinul Haq
Bismillah..
Pengajian Jum'at tadi siang,


Tentang penguatan tarbiyah.
*kenapa harus tarbiyah
= karena tarbiyah adalah kebutuhan bagi setiap umat manusia, dalam tarbiyah kita akan diajarkan untuk mampu menyeimbangkan Jasadiah (raga), fikriah (akal pikiran), dan ruhiah (ruh/hati) kita, sehingga hidup ini akan jauh lebih baik.
=kita butuh olahraga untuk jasad, butuh ilmu untuk akal, dan butuh menanamkan islam/mengenal Allah dalam hati untuk ruhiah kita.


*Apa yang membuat seseorang jarang/malas bertarbiyah:
=karena gangguan setan yang membisikkan hal buruk kepada setiap orang-orang yang ingin menuju jalan yang benar, setan akan terus berusaha menggoda manusia yang belajar tentang agama islam, agama yang fitrah. maka dri itu, jaga diri kita, jangan sampai kita dikalahkan oleh setan2 itu dengan banyak-banyak BERISTIGFAR "astagfirullah"


"Keterbiasaan akan membuatmu merasakan ikatan batin yang kuat"
"Maka, pada mulanya paksalah diri untuk terbiasa dalam menerima ajaran ALLAH, In Syaa Allah secara perlahan rasa keterbiasaan itu akan muncul dan ikatan batin kita terhadap TARBIYAH akan jauh lebih kuat"

Manfaat dari tarbiyah :
> Ukhuwah Islamiyah (persaudaraan dalam islam) akan tetap terjaga ^_^
> Ketenangan ruh, akan ada rasa damai dan seimbang yang kita rasakan "In Syaa Allah"

> Ilmu, kita akan mendapatkan bnyak pengetahuan, karena tarbiyah artinya adalah pendidikan. tarbiyah tidak hanya memberikan pengetahuan tentang agama Islam, namun belajar sembari menyesuaikan dengan perkembangan zaman. tarbiyah itu juga modern loh :)
> Tarbiyah itu menjaga nasehat, artinya dengan tarbiyah kita dapat saling sehat-menasehati agar tetap istiqamah dijalan Allah.





"Manfaatkan masa mudamu, sebelum datang masa tuamu"
"melapangkan segala waktu yang ada, sebelum waktu yang sempit itu datang"
"Kaya sebelum miskin, dalam artian selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan"
"Hidup sebelum mati, ingat! raga itu pinjaman, jaga dia"

0 komentar:

Posting Komentar