Kamis, 06 Februari 2014

Catatan Tarbiyah:Kebutuhan Manusia Terhadap Rasul

Bismillahir-rahmanir-rahim
          Assalamu'alaikum ya ukhty wa akhi, kali ini saya ingin sharing kepada kalian tentang materi Tarbiyah saya, yaitu Kebutuhan manusia terhadap Rasul. Rasul adalah seorang laki-laki yang diciptakan oleh ALLAH SWT sebagai pembawa risalah (wahyu dari Allah) . Dikatakan bahwa, jumlah nabi ada 124 ribu orang, sebagaimana disebutkan didalam hadits Muhammad.
           "Berapakah jumlah nabi dan rasul-rasul Allah tersebut?" Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban didalam shahihnya yang bersumber dari Abu Dzar al-Ghifary berkata, “Aku bertanya kepada Rasulullah SAW, berapakah jumlah para nabi?” Rasul menjawab: “jumlahnya ada 124 ribu orang.” Lalu aku bertanya lagi; “Berapakah jumlah rasul-rasul Allah?” Nabi SAW menjawab, “Jumlahnya ada 313 orang”.
Setelah membaca hadits ini ternyata jumlah Nabi yang ada banyak sekali jumlahnya.
        Seperti yang kita ketahui, jumlah Nabi dan Rasul yang terkenal saat ini hanya 25, namun Rasulullah SAW mengatakan bahwa jumlah Nabi ada 124 ribu orang. Abu Zar bertanya kepada Rasulullah SAW, "Berapakah jumlah para Nabi?", Rasul menjawab, Mereka berjumlah 124.000 orang, sebanyak 315 dari mereka adalah Rasul." Dengan demikian bisa kita gambarkan bahwa selain 25 Nabi, ternyata masih ada begitu banyak nabi dan rasul sepanjang zaman. Jumlah yang 124 ribu itu tentu saja sangat banyak untuk bisa mengcover seluruh komunitas umat manusia dimanapun mereka berada.
Adapun sifat asasi dari para Rasul antara lain:
>Tabligh (menyampaikan, dalam hal ini berdakwah)
>Amanah (Dapat dipercaya)
>Fathanah (Cerdas)
>Shiddiq (Jujur)

Wahai saudara/i ku, tahukah kalian bahwa manusia telah diciptakan oleh Allah SWT dalam keadaan FITRAH (Islam, suci). Hal ini didasarkan pada firman ALLAH SWT, dalam Al-Qur'an surah Ar-Rum ayat 30 :
فَأَقِمْ وَجْهَكَ لِلدِّينِ حَنِيفًا ۚ فِطْرَتَ اللَّهِ الَّتِي فَطَرَ النَّاسَ عَلَيْهَا ۚ لَا تَبْدِيلَ لِخَلْقِ اللَّهِ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ
Artinya: Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama Allah; (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada peubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.

*Adapun fitrah manusia antara lain:
>Mengakui adanya Allah, Orang-orang yang jauh dari Allah/jahat merasa bahwa ia tidak pernah mengingat
Allah, akan tetapi tanpa mereka sadari ketika mereka berada dalam kesulitan, mereka akan tetap menyebut nama Allah dan meminta pertolonganny.
>Menyembah Allah SWT
>Menginginkan hidup yang teratur dan aman
 "Untuk bisa menjaga ke-3 fitrah tersebut, sangat membutuhkan hidayah dari ALLAH SWT"
"Hidayah tersebut akan diterima oleh manusia ketika terus menanamkan sifat ikhsan serta terus meminta pertolongan dengan berdoa kepada Sang Khaliq"

*Karena Allah tidak dapat menyampaikan secara langsung apa yang baik kecuali membaca Al-Qur'an, maka Rasul diutus sebagai penyampai dan penjaga manusia dari fitrahnya. (Q.S Ali-Imran, 31-32)

*Taatilah Allah dan taatilah Rasulnya :)
*Fungsi Rasul :
>Mengajarkan tentang mengenal Allah SWT
>Bagaimana menjalani hidup (Rasul sebagai pedoman)

<<<Mari hafalkan doa dibawah ini >>>

Adapun Doa agar kita diberikan keteguhan hati: (Dalam Q.S. Ali Imran ayat 8)
رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَامِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ 
 Artinya: (Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia)". (QS: Ali Imran Ayat: 8)

Mungkin hanya itu dulu yang dapat saya berikan, Syukran katsiran Ya akhi wa Ukhty :)

Semoga kita selalu berada di jalan_Nya . Aamiin

2 komentar:

Muh. Aldy Jabir mengatakan...

Bermanfaat sekali kak Artikelnya. Shukron, semoga hidayah dan ridho Allah selalu menyertai saudara muslim lainnya.

DIBS mengatakan...

Alhamdulilla :) aamiin

Posting Komentar